Rabu, 03 Maret 2010

the cube of rubik


Akhir-akhir ini temen-temen di sekolah gue lagi suka-suka nya main rubik. Trendsetter kita kali ini namanya ibel. Gue inget banget gimana dia ngebawa tradisi muter-muter balok berwarna itu ke sekolah.

Beberapa bulan lalu dia dateng ke sekolah bawa rubik 10 ribuan ke sekolah dengan tampang penasaran karna ngga tau gimana caranya bikin warna kotak kecil gila itu sama semua.

“Rubik bel ?”

“Iya”

“Lo bisa tah ?”

“Dikit, tinggal satu warna lagii”

“Gila loo”

Gue terkagum-kagum ngeliat dia main rubik. Rasa penasaran gue muncul, dalam hati gue mikir, mungkin ini jalan supaya gue bisa mendapat kesenangan baru selain gangguin adek gue waktu lagi tidur. Karna ibel blom bisa nyelesaikan rubiknya, gue akhirnya buru-buru beli rubik yang ngga kalah murah dan keras banget kalo diputer (beneran lho, tangan gue merah-merah mainin tu rubik). Gue akhirnya konsultasi sama the best teacher in the universe, yup, YOUTUBE. Gue search video-video yang ngajarin gimana caranya nyelesaikan rubik dalam waktu cepat, eh ngga tau kenapa video yang keluar malah video orang lagi ngancur-ngancurin rubik. Gue langsung mikir, mungkin itu adalah efek untuk orang-orang yang udah putus asa belajar kotak kecil yang satu ini. setelah dapet video yang dimaksud, gue nongkrong di depan layat komputer 3 jam lebih. Mata merah, idung meler, gigi kering, tangan merah-merah. Tapi setelah 3 jam penantian, akhirnya gue bisa nyelesaikan rubik sodara-sodara ! walopun rada tersendat-sendat dan kadang masih nyontek rumus, tapi GUE BISA ! YEAH !

Besoknya gue ke sekolah dengan senyum lebar banget ke ibel kayak lagi ngomong “hayo lo beeel, gue udah bisaaa ! GUE UDAH BISAAA ! MUAHAHAHAHA”. Akhirnya kita main rubik berdua di dalam kelas.

1 menit, gue nyelesaikan dua warna.

2 menit, dua warna lainnya lagi.

3 menit, mulai bingung.

4 menit, SELESAI ! (walopun ngga sengaja)

“SELESAI ! HAHA” gue teriak ke ibel.

Mulut gue mangap-mangap waktu ngeliat ibel udah selesai juga. Anjrot.

Seminggu itu gue habiskan waktu istirahat main rubik berdua, sharing rumus-rumus yang gue sebenernya ngga ngerti tapi demi menjaga harkat dan martabak gue, gue cuma nge-iya-in. Demam rubik ini menyebar ke seluruh kelas, mulai dari cowok-cowok sampai ke cewek-ceweknya. Setelah sebulan, lebih dari 50% anak kelas gue bisa main rubik. Ada sekitar 4 sampai 5 rubik yang ada di dalam kelas gue tiap hari. Mungkin kalo waktu lagi belajar, trus guru-gurunya pada iseng nyuruh murid ngangkat tangan, bakal banyak rubik yang ke tangkep karna semua rata-rata pada megang rubik semua ! mantap.

Nggak cuma di kelas, di luar kelas pun temen-temen kelas gue ngga berenti-berenti main rubik, mungkin ini salah satu pemicu demam rubik jadi menjalar ke SELURUH SEKOLAH. Mulai dari kantin, perpusatkaan, mushalla, sampai di dalam WC jadi pada hobi mainin rubik. Jangan-jangan imam mushalla juga jadi ngga konsentrasi karna penasaran pengen main rubik juga.

Dua bulan setelah itu, banyak cubers yang berkeliaran di sekolah. Sekarang konsentrasi mereka bukan lagi ke gimana cara lo main rubik, tapi seberapa CEPAT lo main rubik. Gue mangap sampe ngences ngeliat cubers-cubers pada main, rata-rata mereka sekarang bisa nyelesaikan rubik di bawah 1 menit. Gue ? ah gue pelan-pelan asal jadi aja daaaah.

So folks, that’s the short story how this little “evil” cube can get in to the school. Bahkan ngga cuma rubik 3x3 aja, malah banyak yang aneh-aneh keluar tiba-tiba, kayak 4x4, 5x5 sampe 7x7, ada juga windmill, mirror, buanyaaaaak ! ngeliat bentuknya aja gue udah ngga ada niat-niat nya sama sekali mau main. Belajar 3x3 aja teler -__-

So for any speed cubers out there, anyone, keep what you’re doing folks, amaze the world with that little colored cube !


mirror cube


peace . love . respect . and stay away from monkeys !


Tidak ada komentar: