Sabtu, 06 September 2008

godaan oh godaan

Makin hari kayaknya puasa makin berat aja. Ada aja godaan yang menghampiri gue. Yang haus lah, yang laper lah, yang mau nyeburin adek gue lah, banyak ! Ternyata emang bener kalo puasa adalah bulan godaan. Kita harus punya niat yang kuat buat menjauhi godaan-godaan yang datang tiap saat.
Biasanya godaan terbesar ada di daerah bazaar. Yak, FOOD ALL OVER THE PLACE ! bener-bener heaven on earth. Gue bisa kenyang cuma mandangin makanannya aja. Bayangin aja, sejauh mata memandang, yang gue liat cuma makanan. Godaan abeess....
Gue sama keluarga selalu nyempetin buat ngabuburit tiap sore. Ya walaupun keluar cuma buat beli gorengan, yang penting maknyus lah. Gue paling semangat kalo urusan milih-milih gorengan. "Yang ini aja, atau yang itu, yang disana juga enak, semuanya !". Yak, sebelum berbuka, nafsu makan gue cenderung melunjak-lunjak. Gue malah pengen ngeborong makanan satu bazaar. Tapi giliran udah buka, minum air putih aja udah kenyang banget. Anjritt.
Godaan kedua yang gue dapet adalah waktu gue potong rambut. Jadi waktu itu masih minggu pertama puasa. Gue mutusin buat motong rambut gue yang panjang banget. Gue jadi kayak gorila. Gue minta duit ke bokap, trus jalan ke barbershop. Disana gue ketemu sama temen gue, namanya Ferdana. Yak, before we continue, there are somethings that people should know about this person. Pertama, anak ini super cuek, nggak pernah malu buat ngelakuin sesuatu, bener-bener beda jauh sama gue, its true ! Kedua, dia bisa jadi pendengar yang baik, walau kadang-kadang saran dia bener-bener sotoy, contoh, waktu itu kelas gue mau bikin acara buat buka bersama. Banyak yang nyaranin di rumah gue. Gue nolak gara-gara orang tua gue nggak bakal setuju karena gue masih punya adek kecil, kasian ntar ke ganggu gara-gara suara ribut temen-temen sekelas gue. Eh, dengan gaya innocentnya dia bilang, "Bokap lo di ungsikan aja". Lo kira bokap gue korban banjir apa ? anjritt lo. Yang ketiga, ni anak punya mata yang beda dari anak-anak yang lain, yak, lazy eyes. Gue jadi sering nguap kalo deket ma dia. Oke, kok jadi jauh banget dari topik kita ya ? cukup tentang temen gue. Kita balik ke barbershop.
Setelah gue masuk, dia shock ngeliat gue. Gue spontan nyengir kuda. Gue duduk di sebelahnya. Kita ngobrol kayak biasa, trus tukang cukur gue dateng.
"Mau di apain ini mas ?"
"Dipotong pendek aja"
"Pendek ? oh, oke"
"Sip. Eh, tapi jangan kayak abri ya !"
"Apa ?"
"Jangan kayak abri"
"Gimana mas ?"
"JANGAN KAYAK ABRI"
"Ooo.. oke"
Setelah dua puluh menit, rambut gue selesai di potong. Gue ngeliat ke kaca. ASTAGA ! Rambut gue CEPAK ! mau di tarok di mana muka gue ? DI MANA ? Gue cuma bisa narik napas. Temen gue cuma bisa ngakak di sebelah gue. Sialan lo. Untung gue lagi puasa, kalo ngg pisau cukur di depan gue dengan ajaib bakal nancep di leher tukang cukur dodol ini. Gue jadi belajar satu hal, jadi tukang cukur nggak boleh BUDEK. Nggak kebayang kalo tukang cukur budek semua. Bisa-bisa tiap orang yang keluar barber jadi biksu ( baca : BOTAK ).
Tapi gue jadi mikir, ya mungkin itulah hikmah puasa. Banyak yang bisa kita dapatkan dari berpuasa. Salah satunya ya itu tadi, lo bisa belajar sabar dalam menghadapi tukang cukur.
peace . love . respect . and stay cool if facing the barbers ! XD

Tidak ada komentar: