Minggu, 31 Agustus 2008

craft mania

Gue nggak tau kenapa, seluruh craft mania yang pernah gue temuin, pasti punya manik-manik. Para crafter bahkan nggak segan-segan ngeburu manik-manik sampe ke pedalaman papua kalau emang manik-manik itu bagus banget buat mereka. Salah satu contohnya adalah ... nyokap gue. Gue pernah jadi korban saat nyokap gue melakukan aksi pemburuan manik-manik dimana gue harus merelakan segenap jiwa dan raga dalam bertahan "ngekorin" nyokap.
Waktu itu sehari sebelum puasa. Gue sekeluarga berencana buat makan di luar. Itung-itung sebelum puasa, jadi nyempetin diri buat makan bareng di restoran. Setelah muter-muter nyari restoran di kota gue yang lumayan kecil itu, ujung-ujungnya bokap mutusin buat makan di CFC. Gue ngikut aja. Sampe di dalem, gue kaget ngeliat ukuran ayam yang di jual segede upilnya kutu (kecil buanget ?). Karena gue ngerasa nggak bakal kenyang, akhirnya bokap mutusin buat makan di rumah makan padang. Wuih, di sana gue bisa mangap-mangap abis makan.
Setelah acara ngisi perut selesai, bokap mutusin buat nganter nyokap beli manik-manik. Gue kira tempatnya kayak semacam ruko gitu, eh nggak taunya di dalem PASAR TRADISIONAL. Hari itu lagi panas banget, sinar matahari bikin kulit gue tambah mateng, gue tinggal di kasih bumbu BBQ trus di bakar.
"Yuk, turun" kata nyokap sambil nyengir ke gue.
"....."
Gondok banget rasanya ngikutin nyokap buat muter-muter pasar, apalagi pasar tradisional. Keadaan pasar yang becek memaksa gue buat ngangkat celana. Lo semua bisa bayangin persis kayak petani nyasar ke kota. Dari jauh gue ngeliatin penjual ikan asin yang cuma pakai kaos dalem plus celana pendek lagi mamerin keteknya, pantesan aja ikannya asin.
Suasana riuh pasar tradisional adalah suasana yang jarang kita temukan di manapun. Nggak pernah gue denger kata-kata, "Mas, celananya mas, silahkan, empat sepuluh, empat sepuluh", kecuali di pasar. Apalagi kata-kata, "Silahkan buuk, celana dalam anak, asli bandung lo buk, 10 ribu 2, 10 ribu 2". Kalo lo neriakin kata-kata ajaib itu di depan mesjid, lo bakal di kirim ke RSJ terdekat secepatnya.
Setelah muter-muter 10 menit (bagi gue serasa 7 tahun), nyokap akhirnya nemuin satu toko yang ngejual manik-manik. Gue ngeliat pandangan antusiasme yang tinggi di muka nyokap. Lo bisa ngeliat tampang, "Aduh, gue pengen boker" di muka gue. Nggak lama, nyokap akhirnya selesai milih semua barang yang dia butuhin. Gue akhirnya bisa nyengir. "YES, sekarang kita pulang !" kata gue dalam hati.
Sekarang gue tinggal nyari cara supaya gue bisa keluar dari tempat ajaib ini dengan selamat sentosa. Gue narik napas, dan mulai buat ngelangkah menuju pintu gerbang kemerdekaan (ee, maksud gue pintu gerbang pasar). Dengan segenap pengalaman gue di kejar satpam, gue berhasil lolos melewati 7 tukang sayur, 5 tukang daging, dan 1 gerobak es cendol. Begitu nyampe di depan, gue bisa merasakan harumnya udara luar. Polusi yang gue hirup di dalem pasar hilang seketika. Akhirnya gue bisa pulang ke rumah dengan tenang dan damai.

3 komentar:

Farainky mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Farainky mengatakan...

Pertualangan di pasar huahauahua

adek_O2C mengatakan...

hahah..
emang XD