Rabu, 15 Oktober 2008

lebaraaan :D

Hello hello...

Gue mau ngucapin mohon maaf lahir batin sebelumnya. Yak, gue tau telat, tapi gue nggak bisa buka internet selama gue liburan, jadi ya gue baru bisa ngucapin sekarang, biar telat yang penting ngucapin yak !

Well, nggak tau kenapa, setelah bikin blog gini, otak gue malah jadi blog minded ! ada kejadian apa aja, gue langsung mikir mau nulis di blog. Kayaknya blogging bakal jadi penyakit gue setelah boker. Anjritt. Bayangin aja, gue mau liburan pengen di tulis ke blog, gue jalan-jalan pengen di tulis di blog, adek gue ngupil juga pengen gue tulis di blog ! ya ampyun ! tapi nggak apa-apalah, penyakit gue ini belum sampe stadium 4,5 kok (ada gitu ? bego lo dek!).

Berhubung kita (khususnya umat muslim) baru aja merayakan hari raya idul fitri, gue pengen nge share cerita gue di hari lebaran tahun ini. The most tired lebaran ever.

Tahun ini nyokap mutusin buat lebaran di kampungnya nyokap di Situbondo. Lo pasti baru denger kan ? sekilas info, Situbondo tu kota di jawa timur, 4 jam perjalanan kalo dari Surabaya. Nggak tau juga ma Surabaya ? mampus aja deh lo.

Perjalanan gue di mulai dengan penerbangan dumai-jakarta yang boring abisss... gue berangkat naik bis ke bandara di dumai. Ternyata bandara di sana tu kecil, nggak ber-AC, panas (apa bedanya sama nggak ber-AC ?), dan segala macem kriteria kandang ayam. Haduh haduh, tu airport kayak nggak ada yang ngurus. Disana, gue nyampe jam 11 pagi, dan pesawat gue baru take off jam 1 siang. OWYEAH ! gue bisa sukses jadi ayam panggang.

Setelah nungguin tu pesawat-yang-lamanya-nggak-ketulungan, akhirnya penumpang di suruh naik ke pesawat. AKHIRNYAA ! gue jadi semangat lagi. Waktu lagi penerbangan gue ngantuk berat, tapi nggak bisa tidur ! aarrgghh ! mana gue lagi puasa (emang ada hubungannya ? makin bego lo dek). Gue terpaksa baca buku selama perjalanan sampai ke jakarta. Di jakarta, nyokap milih buat nginep semalem sebelum ngelanjutin perjalanan ke Surabaya. And finally, gue bisa tidur dengan laknat di hotel.

Paginya, setelah makan+mandi, nyokap cek out dari hotel dan berangkat ke Cengkareng di anter sama pakde gue. Emang dasar gue, waktu lagi jalan ke airport, gue TIDUR LAGI. Baguss..

Di penerbangan kali ini, gue nggak tau sama sekali apa yang terjadi saat di atas pesawat (bahasa gue tumben baku banget ?). Gue tidur (lagi) selama penerbangan, sesekali gue kebangun sama goncangan pesawat.





GRUDUK
“groook... grok grok..” gue kebangun gara-gara goncangan pesawat.
“Dek !” bokap gue manggil.
“Apa ?”
“Kamu tidurnya mangap-mangap !”
“Ha? Apa ? nggak kedengeran .. !”
“Kamu tidurnya mangap-mangaaaaap !”
“Mangap-mangap ?”
“Iya !”
“Siapa ?” (gue kok jadi bolot banget gini !?!?! )
“Kamu !”
“HAH ?”

Ternyata selama gue tidur, gue mirip banget sama babi ngepet. Sialan ! mana gue duduk deket orang lagi. Gaya tidur seorang biadab : mata terpejam (yaiyalah !), mulut terbuka, dan kepala goyang-goyang kayak swiper mobil. Nggak kebayang orang di sebelah gue jadi apaan habis kena aroma mulut orang kayak gue. Muahahaha ! *evil laugh*

Setelah sampe Surabaya, gue sekeluarga di jemput sama pakde gue. Awalnya sih mau jalan kaki ke Situbondo, tapi akhirnya kita naik mobil. Di perjalanan, gue nggak niat buat tidur, gue pengen nostalgiaan sama kampung gue ( duileh! ). But it’s true ! gue udah lama nggak ke Situbondo sejak 2 tahun terakhir. Kangen rasanya pengen nimpukin kambing pakde gue pake batu kali. Di perjalanan gue juga harus menahan rasa lapar-yang-amat-sangat-keterlaluan-yang-bikin-gue-berasa-pengen-mampus. Udahlah gue puasa, di tambah lagi perjalanan jauh. Puasa di rumah aja belingsatan gara-gara laper, apalagi di tambah mudik ! anjritt.

Sampe di Situbondo hari Senin, dan lebaran masih hari rabu. Waah, gue harus dengan segera bikin list “Things To Do” gue. Kira-kira isinya gini :


THINGS TO DO !
Makan bakso.
Makan empek-empek.
Makan soto.
Makan rujak.
Makan ...
Makan ...
Ma.. .....

Oke, gue tau isinya cuma makan doang. But hey, it’s not the end of the world ! (nggak nyambung). Cuma itu kegiatan yang bermanfaat waktu liburan. Mau apalagi coba ? Situbondo tu nggak ada hiburan. Paling-paling ke pantai yang nggak jelas. Pokoknya asal ke Situbondo gue tau kalo itu saatnya WISATA KULINER ! hidup makanan ! hidup persatuan kuliner Indonesia ! hidup para penjual bakso !

Pada hari H nya, gue sama keluarga bangun pagi-pagi banget. Beda sama di Sumatra, di sini shalat Ied nya jam 6 ! BUJUG BUSHET ! gue berbekal iler di mulut dan rambut di kepala langsung ngibrit ke kamar mandi buat mandi. Wuih, udahlah udaranya sedingin es batu, airnya sedingin batu es ! (bedanya apaan bego ?!!? ) and here I am, standing under the bathroom lamp, holding a gayung full with freezing water and counting down before I started to clean up. Gue selalu ngitung dari satu sampe tiga sebelum ngebasahin badan gue pake air.

“satu.... dua..... ti.....”

BYUR !

“aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa !”

Yak, diawali dengan hitungan dan di akhiri dengan teriakan dramatis. Setelah semua selesai, gue sama sodara gue mutusin buat naik becak ke hotel nyokap. Sekedar info, nyokap bukannya nggak mau nginep di rumah mbah gue, cuma kasian sama adek gue yang masih kecil. Di rumah mbah gue tu panas banget, bisa-bisa adek gue jadi bayi bakar (ada gitu ?). Jadi nyokap sama bokap nginep di hotel biar adek gue bisa ngadem. Lanjut, setelah gue keluar rumah, kebetulan di depan rumah ada satu becak. Gue panggil trus gue suruh nganterin ke hotelnya nyokap. Udara waktu itu lagi dingin banget. Sampe hotel gue udah jadi kayak fossil gorila beku. Sialan.

Di depan hotel, gue minta tukang becaknya buat nunggu, biar ntar ke lapangan shalatnya nggak perlu nyari becak lagi. Pagi-pagi gini susah banget nyari becak, di tambah lagi sekarang pada mau shalat ied. Makin susah.

“Pak, tunggu di sini bentar ya, saya mau ke dalam dulu, ntar balik lagi, jangan kemana-mana lo pak”
“Iya”
“Tunggu ya pak”
“Iya !”
“Saya balik lagi kok”
“IYAAAA !”

Gue masuk ke dalem dan ngeliat persiapan nyokap sama bokap gue dan ternyata MASIH PADA BELUM GANTI BAJU. Bujug buneng. Kemaren gue inget banget gimana bokap cerewet soal persiapan gue. “Pokoknya besok mesti bangun pagi, kalo telat nggak nanggung !”. Eh, sekarang malah dianya yang nggak siap. Baguss..

Setelah nungguin agak lama, akhirnya udah pada siap semua. Gue sama yang lain jalan ke luar hotel dan dengan ajaibnya di tukang becaknya NGILANG. Astagaaa !

“Gimana ni ? becaknya ngilang !” kata gue panik.

Bokap masih nyari-nyari becak.

“Nggak bakalan ada becak nih” kata bokap.
“Gimana dong ?” kata gue.
“Yaudah, kita JALAN”
“(beeeeep)”

Lapangan tu lumayan jauh dari hotel. Masak jalan ? ntar nyampe sana keringetan lagi. Haduh haduh. Tapi apa mau di kata, nasi udah jadi lem (lengket dah). Gue terpaksa jalan kaki. Jalan, jalan, jalan, jalan, jauh, jauh, jauh, jauh, jauh,.... jauh..... dan dengan anugrah Allah SWT, gue ngeliat ada pangkalan becak. CIHUI ! laksana seorang bajak laut yang menemukan harta karun rampasan dari 7 benua, gue teriak.

“GUE NEMUIN BECAK ! ADA BECAK ! BECAAAAAAAK !”

I know, its looks village-an (kampungan). Ada becak aja heboh. Yaudah, setelah ketemu, bokap nyarter 2 becak dan langsung menuju lapangan. Baru kira-kira 200 meter, becak berenti dan ternyata UDAH NYAMPE.

“HAH ? DI SINI ?” kata gue shock.
“Iya dek, di sini” kata si tukang becak.

Ya ampyuuun, ternyata dari pangkalan becak, lapangannya tu nggak jauh-jauh amat. Wah, mending jalan aja kalo gitu ! ah dasar emang sial. Akhirnya gue turun dan nyari saf buat shalat.

Lapangannya lumayan rame, ini membuktikan kalo warga sini rajin beribadah (kesimpulan yang sotoy abis). Waktu lagi takbiran, gue nyoba buat moto gue sendiri buat kenang-kenangan (bilang aja kalo lo narsis dek !) dan hasilnya melenceng abis ! susah banget ! aaarrggghh ! capek moto-moto sendiri, akhirnya gue ngeliatin orang-orang yang dateng sampe imam nyuruh buat berdiri dan gue shalat.

Selesai shalat, gue bengong waktu imam ceramah. Gue ngeliat ada orang yang baru dateng padahal shalat udah selesai. Gue jadi kasian, pasti malu banget. Selain itu dia juga kehilangan kesempatan emas yang cuma setahun sekali ini. (tumben gue ngomong normal gini ? biasanya ngaco !).

And finally, setelah shalat ied, gue balik ke rumah dengan antusias. Bukan, bukan buat salam-salaman, tapi buat ke dapur. Gue melancarkan misi gue dengan laknat.

Dari kejauhan terdengar teriakan seorang nenek sihir,

“ADEEEK ! baksonya jangan di abisin !”

Eh, bukan nenek sihir ding, itu mah nyokap..

2 komentar:

bile mengatakan...

hahaha, kerjan kita selama libur hampir" sm bg,
bedany kalo bg makan d rumah mbah bg ato beli,
nabil: makan di rumah ntah siapa" yang menawarkan jasa makan gratis tanpa cuci piring.

akhrnya nabil dan abg nbil melakukan perbuatan biadab yaitu:
makan dengan selahap" dan senyum terkembang bersambalkan ikan asin dendeng rendang telor lontong dan cabe ijo hingga nambah 7 kali.

anak perempuan cem sapu lidi nan beler ini makan di rumah org hingga NAMBAH 7 KALI??!
bayangkan, betapa biadabnya :|

tapi wajar aja, itu adalah rumah pertama yang nabil kunjungi setelah menempuh perjalanan pku-bkttinggi dg mnggunakan mobil.
jadi perut tentu lapar sekali :)

setelah melakukuan prosesi makan tanpa sungkn itu, kami ke hotel dan di perjalanan tentu saja nabil dan abg nabil itu tidur :D
yaa, kerjaan bagus dan normal :)

dan kegiatan itu rutin nbil lakukan selama d kampung 5 hari berturut" :))

hidup makan!!! :D

adek_O2C mengatakan...

ya ampyuuun !

7 KALI ??!?!?!

ndak kebayang gimana muka nabil abis makan ! hahaha xD

abis itu malah pake tidur ! hkhk.. xD